Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Protista



A. Ciri-ciri protista
Protista berasal dari bahasa Yunani, yaitu protos yang berarti pertama atau mula-mula, dan ksitos artinya menyusun. Maka kingdom ini beranggotakan makhluk bersel satu atau bersel banyak yang tersusun sederhana. Meskiun begitu dibandingkan dengan monera, protista sudah jauh lebih majukarena sel-selnya sudah memiliki membran inti atau eukariota.
Anggota kingdom protista umumnya organisme bersel satu, ada yang berkoloni ada pula yang bersel banyak, tetapi belum memiliki jaringan. Hampir semua protista hidup di air, baik air tawar maupun air laut dan beberapa hidup pada jaringan hewan lain.
B. Protista yang menyerupai hewan (protozoa)
1. Ciri-ciri protozoa
Protozoa merupakan organisme bersel tunggaL yang sudah memiliki mebran inti. Protozoa berukuran 100 sampai 300 mikron, Protozoa umumnya bergerak aktif karena memiliki alat gerak berupa kakik semu (pseudopodia), bulu cambuk (flagellum), bulu getar (cilia) namun ada yang tidak memiliki alat gerak.
2. Reproduksi protozoa
Protozoa sebagian besar melakukan reproduksi secara aseksual dengan pembelahan biner.
3. penggolongan protozoa
Berdasarkan alat geraknya, digolongkan atas :
a. Mastigophora atau flagellata, bergerak menggunakan buu cambuk (Flagela).
b. Sarcodina atau Rhizopoda, bergerak menggunakan kaki semu.
c. Ciliata atau Ciliophora, bergerak menggunakan bulu getar
d. sporozoa, tidak memiliki alat gerak khusus dan berkembang biak dengan spora
berikut ini penjelasan tentang penggolongan dari kingdom protista berdasarkan alat geraknya.
a. Mastigophora atau Flagellata
fllagellata berasal dari kata flagell artinya cambuk atau Mastigophora dari mastig artinya cambuk, phora artinya gerakan. Semua anggota filum flagellata bergerak menggunakan flagel. Bentuk tubuh flagellata tetap karena dilindungi oleh partikel.
b. Rhizopoda atau sarcodina
contoh rhizopoda yang sangat dikenal adalah Amoeba sp. Amoeba memiliki alat gerak berupa kaki semu (pseudopodia. Bentuk sel amoeba tidak tetap, sitoplasmanya terdiri dari ektoplasma dan endoplasma.
c. Cilliata
cilliata bergerak dengan menggunakan rambut getar (silia). Cilliata umumnya hidup bebas di lingkungan berair yang banyak mengandung bahan organik, dan ada pula yang hidup parasit.
d. Sporozoa
hewan-hewan bersel satu yang tidak memiliki alat gerak dikelompokkan dalam sporozoa. Anggota filum sporozoahidup sebagai parasitpada hewan atau manusia.
4. peranan protozoa dalam kehidupan manusia
a. peran yang menguntungkan
protozoa yang hidup diair tawar dan air laut merupakan zooplankton yang menjadi salah satu sumber makanan bagi hewan air termasuk udang, ikan, kepiting, yang secara ekonomis bermanfaat bagi manusia. Peran protozoa lainnya adalah dalam mengontrol jumlah bakteri dialam karena protozoa merupakan pemangsa bakteri.
b. Peran yang merugikan
protozoa yang merugikan manusia sebagai penyebab penyakit yaitu :
1. Plasmodium sp, penyebab penyakit malaria.
2. Trichomonas vaginalis, penyebab penyakit alat kelamin pada wanita
     

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

:D keren sangat bermanfaat

Unknown mengatakan...

berguna sekali postingannya, nambah ilmu nih :3

Posting Komentar