Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pemecahan Masalah Biologi Dengan Metode Ilmiah

Dalam memepelajari berbagai gejala alam, ilmuwan menggunakan metode yang sistematis dan logis, yang disebut metode ilmiah. Tahapan yang dilakukan dalam metode ilmiah adalah melakukan pengamatan (observasi), mengajukan pertanyaan, membuat hipotesis (dugaan sementara), membuat prediksi (prakiraan), dan melakukan eksperimen.

1. Pengamatan
mengamati merupakan salah satu keterampilan proses yang mendasar. Pengamatan kualitatif dilakukan dengan menggunakan indra penglihatan, pendengaran, pembau, peraba, dan pengecap tanpa mengacu kepada satuan pengukuran baku disebut pengamatan kuantitatif.
2. Pertanyaan
Pertanyaan dapat diajukan setelah hasil pengamatan diperoleh.
3. Hipotesis
Hipotesis merupakan dugaan sementara yang masih membutuhkan pengujian. hipotesis dirumuskan dalam bentuk pernyataan.
Di dalam hipotesis selaluada dua macam variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. variabel bebas adalah variabel yang sengaja dibuat tidak sama oleh peneliti. variabel terikat adalah variabel yang terjadi akibat perlakuan variabel bebas.
4. Prediksi
Hipotesis dapat diuji nilai kebenarannya setelah dibuat prediksi (prakiraan). Prediksi merupakan pernyataan yang dapat diuji dalam eksperimen. prediksi didasarkan pada pengamatan yang cermat dan inferensi tentang hubungan antara beberapa kejadian yang diamati. inferensi adalah penjelasan atau interpretasi berdasarkan hasil pengamatan.
5. Eksperimen
suatu prediksi dapat diuji dengan eksperimen. eksperimen dilakukan dalam suatu lingkungan yang dikontrol dengan baik selanjutnya diperoleh hasil kumpulan data hasil eksperimen yang kemudian diolah dan diinterpretasikan sehingga membentuk suatu kesimpulan. kesimpulan dianggap benar jika eksperimen tersebut dapat diulang dan mendapat kesimpulan yang sama (Biggs et al. 2004).   

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar