Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Penelitian Ilmiah

    Penelitian ilmiah dilakukan untuk mengetahui berbagai gejala dan fakta dialam, langkah-langkah dalam melakukan sebuah penelitian adalah:
1. Membuat kerangka acuan penelitian
    Kerangka acuan penelitian berisi pokok-pokok pikiran yang mendasari penelitian.Kerangka acuan dibuat agar dapat dikomunikasikan pada guru untuk memperoleh pendapat, saran, dan bantuan dana. Kerangka acuan penelitian terdiri:
a. Judul penelitian 
b. latar belakang
c. rumusan masalah
d. tujuan
e. manfaat hasil penelitian
    Dengan membuat kerangka acuan dapat berlatih menjelaskan metode yang akan digunakan, merumuskan masalah, menyusul jadwal kerja penelitian.
a. Judul Penelitian
     Judul penelitian berfungsi sebagai identitas penelitian yang dicantumkan dalam berbagai dokumen. Judul penelitian yang baik harus jelas, padat, spesifik dan menggambarkan masalah yang diteliti.
b. Latar Belakang
      Latar belakang penelitian menunjukkan konteks masalah yang akan diteliti serta kepentingan penelitian tersebut.
c. Rumusan Masalah
       Rumusan masalah harus dinyatakan secara jelas dan tidak menimbulkan penafsiran ganda. rumusan masalah harus dapat dijawab dengan pengamatan, yaitu memungkinkan untuk mengumpulkan data yang menjawab masalah tersebut.
d. Tujuan Penelitian
       Penelitian bertujuan untuk menguraikan atau mendiskripsikan suatu gejala atau objek. Penelitian juga adapat bertujuan menerapkan suatu gejala atau menguji suatu hipotesis.
e. Manfaat Penelitian
       Manfaat penelitian dilihat dari dua aspek, yaitu sumbangan bagi pengembangan ilmu dan manfaat penerapan bagi masyarakat .

2. Proposal Penelitian
        Proposal penelitian merupakan pengembangan kerangka acuan yang telah mendapat tambahan informasi dari berbagai sumber dan berbagai saran dari para ahli. Selain itu, proposal penelitian juga memuat identifikasi variabel, tinjauan pustaka, hipotesis, dan metode penelitian. uraiannya dalah sebagai berikut.
a. Identifikasi Variabel Penelitian
      Ada tiga jenis veriabel yaitu:
       1. Variabel bebas     : variabel yang bisa diubah-ubah.
       2. Variabel Kontrol  : variabel yang selalu dikontrol, tidak boleh diubah-ubah.
       3. Variabel terikat    : variabel yang menjadi hasil dari variabel kontrol.
b. Tinjauan Pustaka
       Tinjauan pustaka memuat teori dan memuat hasil penelitian terdahulu yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Uraiannya diharapkan dapat menjelaskan, walaupun hanya secara teoritis, masalah yang diteliti, serta hubungan antara variabel yang terkait.
c. Hipotesis
       Hipotesis merupakan jawaban sementara dari rumusan masalah yang diajukan. Hipotesis disusun berdasarkan teori yang diuraikan pada tinjauan pustaka sehingga teori bersifat teoretis. Hipotesis akan dibuktikan kebenarannya setelah memperoleh data hasil penelitian.
d. Metode Penelitian
        Metode penelitian menguraikan bagaimana caranya melakukan peneliitian tersebut. Metode penelitian dimulai dari menentukan populasi dan sampel, variabel dan operasi variabel, rancangan penelitian, prosedur pelaksanaan penelitian, prosedur pengumpulan data, serta analisis data.
  1. Merumuskan operasional variabel
      Operasional variabel adalah penjelasan bagaimana variabel tersebut diukur.
   2. Merancang penelitian
       Rancangan penelitian menggambarkan bagaimana hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat akan diteliti.
   3. Menentukan populasi dan sampel
        Populasi ialah seluruh kelompok objek penelitian atau kelompok subjek dimana kesimpulan akan digeneralisasikan. sedangkan sampel ialah bagian anggota populasi yang mewakili populasi.
    4. Menentukan alat dan bahan
       Selain alat dan bahan yang diperlukan , selanjutnya merancang prosedur pelaksanaan penelitian dan menentukan rencana analisis data yang digunakan, tujuannya adalah agar isi proposal dapat menggambarkan penelitian yang akan dilakukan.
e. Jadwal penelitian
        Suatu penelitian dibatasi oleh berbagai hal, antara lain ketersediaan alat dan bahan, biaya, waktu serta tempat, tujuannya adalah agar penelitiannya membuahkan hasil yang dapat dipertanggung jawabkan.

4. Analisis data
        Analisis data dalah cara mengolah data hasil penelitian sehingga membuktikan kebenaran hipotesis yang diajukan. Tahapan dalam menganalisis data adalah mendeskripsikan data, menginterpretasikan data, dan menguji hipotesis.

5. Laporan Penelitian
        Laporan penelitian sangat penting karena selain sebagai dokumentasi juga berfungsi sebagai alat komunikasi hasil penelitian dengan pihak lain. Berikut ini adalah sistematiaka penulisan laporan.

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian

 BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Kajian Teori
B. Kajian dan Hasil Penelitian
C. Rumusan hipotesis

BAB III METODE PENELITIAN
A. Variabel dan definisi Operasional Variabel
B. Rancangan Penelitian
C. Sasaran Penelitian
D. Instrumen

BAB  IV DATA DAN PEMBAHASAn
A. Deskripsi data
B. Interpretasi Data
C. Uji hipotesis
D. Pembahasan

BAB V KESIMPULAN dan SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

6.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar