Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Peran virus dalam kehidupan manusia



Pada umumnya virus bersifat merugikan, virus dapat menginfeksi tumbuhan, manusia, dan hewan, sehingga menimbulkan penyakit.


1. Penyakit pada tumbuhan yang disebabkan oleh virus
Pada dasarnya virus sulit untuk menginfeksi tumbuhan, karena tumbuhan memiliki dinding sel, yang sulit ditembus oleh virus, namun jika ada tumbuhan sedikit saja yang rusak maka virus dengan mudah bisa menembusnya melalui perantara serangga pemakan tumbuhan.
Gejala pada tumbuhan yang diserang oleh virus yaitu tumbuhan menjadi kerdil, tumbuh bintik-bintik pada daunnya, buah dan hasil panen .
Berikut ini beberapa penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh virus yaitu:
a. Mosaik, penyakit yang menyebabkan bercak kuning pada daun tumbuhan tembakau, kacang, kentang, dan tomat. Penyakit ini disebabkan oleh tobacco mosaic virus (TMV).
b. Begomovirus (bean golden mosaic virus), virus berkurang yang menyebabkan penyakit kuning pada cabai dan tomat.
c. Turnip yellow mosaic virus (TYMV), virus yang menyebabkan daun menggulung pada tembakau, kapas dan lobak.

a. contoh tanaman yang terinfeksi virus TMV

b. contoh tanaman yang terinfeksi virus Begomovirus

c. contoh tanaman yang terinfeksi virus TYMV

2. Penyaakit pada manusia yang disebabkan oleh virus
a. influenza
Penyebab influenza adalah virus golongan ortomyxovirus yang berbentuk seperti bola. virus influenza ditularkan lewat udara dan masuk ke tubuh manusia melalui alat pernapasan. virus influenza pada umumnya menyerang pernapasan.Gejala influenza adalah demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, hidung bersin, dan kehilangan nafsu makan. orang yang terserang influenza biasanya akan sembuh dalam 3 sampai 7 hari.
Penyakit influenza dapat dicegah dengan menjaga daya tahan tubuh dan menghindari kontak dengan penderita influenza dan menggunakan vaksin influenza, vaksin influeza yaitu virus yang dilemahkan, atau dalam keadaan tidak aktif . Jika orang yang sehat diberi vaksin itu maka tubuhnya akan mmembentuk kekebalan terhadap penyakit influenza. Gambar virus influenza


b. Flu burung
Flu burung atau avian influenza adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang biasanya menjangkiti unggas dan mamalia. Sifat virus ini adalah :
1. dapat bertahan hidup di air hingga 4 hari pada suhu 22derajat C dan lebih dari 30 hari pada suhu 0 derajat C.
2. Virus dapat bertahan lebih lama didalam tubuh atau tinja unggas tetapi mati pada pemanasan 60 derajat C selam 30 menit.
Unggas yang sakit menularkan virus melalui ludah, lendir, darah, dan tinja. Gejala yang dialami manusia yang terinfeksi virus ini umunya adalah demama, sakit tenggorokan, batu, dan nyeri otot. Gejala lebih lanjut adalah kerusakan jaringan tubuh yang mengakibatkan kematian. Beberapa terapi pengobatan flu burung adalah berupa antivirus, seperti osetavimir, zanamivir. cara-cara pengobatan tersebut hanya berlaku untuk sementara. Gambar virus flu buurung




C. AIDS
AIDS (acquired immunodeficiency syndrome) adalah penurunan sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh virus HIV (Human immunodeficiency virus)
Penularan HIV berbeda dengan penularan virus lainnya , HIV menular melalui hubungan seksual, transfusi darah, dan penggunaan jarum suntik yang tidak steril. HIV juga dapat meular melalui ibu yang hamil kepada bayinya. Pada penderita HIV banyak terkonsentrasi didalam cairan tubuh, seperti darah, cairan murni, cairan vagina, dan air susu. sekali virus ini menginfeksi penderita akan tetap ada sepanjang hidup penderita. Gambar virus HIV


3. Penyakit pada hewan yang disebabkan oleh virus
Jenis virus yang menyebabkan penyakit pada hewan adalah:
a. polyoma, penyebab tumor pada hewan, gambar virus polyoma


b. adenovirus, penyebab penyakit tumor pada hewan tertentu, gambar virus adenovirus

c. Rhabdovirus, penyebab rabies, gambar virus rhabdovirus

d. Retrovirus, misalnya HIV, gambar virus retrovirus


e. Avian influenza A (H5N1), penyebab penyakit flu burung yang menyerang unggas dan mamalia, gambar virus H5N1





 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

bagus sekali...sangat membantu..
mampir juga di http://mirsabiology.blogspot.com/

ica (Amin Dwi Cahyanti) mengatakan...

tapi harusnya yang penyakit" itu dikasih cara pencegahan juga :)

Posting Komentar