Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Ekosistem

Ekosistem adalah kehidupan semua jenis makhluk hidup yang saling mempengaruhi serta berinteraksi dengan alam membentuk satu kesatuan.
 
Ekologi berasal dari bahasa yunani, yang terdiri dari dua kata yaitu oikos yang artinya rumah atau tempat hidup, dan logos yang berarti ilmu. Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.
 A. Komponen penyusun ekosistem
1. Berdasarkan sifatnya :
Berdasarkan sifatnya, ekosistem tersusun atas faktor biotik dan abiotik.
a. Faktor Biotik
Faktor biotik adalah faktor yang meliputi semua makhluk hidup di bumi.
Dalam ekosistem, tumbuhan berperan sebagai produsen, hewan berperan sebagai konsumen, dan mikroorganisme berperan sebagai dekomposer (pengurai). Faktor biotik juga meliputi tingkatan organisasi didalam ekologi yang meliputi individu, populasi, komunitas, ekosistem dan biosfer. Gambar Tingkatan organisasi dalam ekologi :

1. Individu
Individu merupakan organisme tunggal, misalnya seekor tikus, seekor kucing, seabtang pohon jambu, sebatang pohon kelapa, dan seorang manusia. Keadaan struktur dan perilaku hewan disebut adaptasi.
Makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya melalui adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, atau adaptasi perilaku.
a. Adaptasi morfologi
adaptasi morfologi merupakan penyesuaian bentuk tubuh untuk kelangsungan hidupnya. Contoh adaptasi morfologi antara lain sebagai berikut.
1. Gigi-gigi khusus
Gigi hewan karnivora beradaptasi menjadi empat gigi taring besar dan runcing untuk menangkap mangsa. Selain itu, juga terdapat gigi geraham dengan ujung pemotong yang tajam untuk mencabik mangsanya.

2. Moncong
Hewan anteater atau hewan pemakan semut adalah hewan yang hidup dihutan Amerika Tengah dan  Selatan. Hewan ini mempunyai moncong panjang dengan ujung lubang kecil untuk mengisap semut dari sarangnya, mempunyai lidah panjang yang dapat dijulurkan jauh keluar mulut untuk menangkap serangga.

3. Paruh
Paruh burung Finch memiliki bentuk bervariasi sesuai dengan jenis makanannya.

4. Daun khusus pada tumbuhan
Tumbuhan penangkap serangga memiliki daun berhelai ganda dengan tepi bergerigi. Gambar tumbuhan penangkap serangga (Venus flytrap) :

5. Akar
Tumbuhan gurun memiliki akar kuat dan panjang yang berfungsi untuk menyerap air yang didalam tanah yang dalam.

b. Adaptasi fisiologi
Adaptasi fisiologi merupakan penyesuaian fungsi fisiologi tubuh untuk mempertahankan hidupnya. Contohnya sebagai berikut.
1. Kelenjar bau
Musang dapat menyemprotkan cairan melalui sisi lubang dubur yang berfungsi untuk menghindarkan diri dari musuhnya.
2. Kantong tinta
Cumi-cumi dan gurita memiliki kantong tinta, yang akan disemprotkan jika musuh datang, sehingga musuh tersebut kehilangan jejak gurita dan cumi-cumi.
3. Perubahan warna pada kadal
Kadal bisa merubah warna kulit, dikarenakan pigmen yang dikandungnya, perubahn warna tersebut dipengaruhi oleh hormon dan suhu.

c. Adaptasi perilaku
Adaptasi perilaku adalah adaptasi yang didasarkan pada perilaku. Contohnya sbagai berikut
1. Pura-pura tidur atau mati
tupai virginia adalah hewan yang matanya tertutup apabila didekati oleh anjing.
2. Migrasi

2. Populasi
Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang hidup pada suatu daerah dan waktu tertentu.ukuran populasi berubah sepanjang waktu. Perubahan ukuran dalam populasi itu disebut dinamika populasi. Dinamika populasi dapat disebabkan oleh manusia atau karena kejadian alam.

3. Komunitas
Komunitas adalah kumpulan berbagai populasi yang hidup pada suatu waktu dan daerah tertentu yang saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain.Tempat hidup hewan atau tumbuhan disebut habitat.

b. faktor abiotik
Faktor abiotik adalah faktor yang meliputi faktor fisik dan kimia. Faktor fisik utama yang mempengaruhi ekosistem adalah sebagai berikut.
1. Suhu
suhu merupakan salah satu syarat yang diperlukan organisme untuk hidup.
2. Sinar matahari
3. Air
4.Tanah
5. Ketinggian
6. Angin
7. Garis lintang

2. Berdasarkan Fungsinya 
Ekosistem tersusun atas komponen-komponen sebagai berikut.
a. Produsen
Organisme autotrof membuat bahan organik dari bahan anorganik dengan bantuan energi seperti energi matahari dan energi kimia. Contoh tumbuhan hijau dan alga.
b. Konsumen
organisme yang bersifat heterotrof yaitu oraganisme yang memanfaatkan bahan organik yang terdapat pada organisme lain sebagai bahan makanan, contohnya manusia dan hewan.
c. Pengurai atau dekomposer
Pengurai adalah organisme heterotrof yang menguraiakan bahan organik yang berasal dari organisme mati.
d. Detritivor
Detritivor adalah organisme heterotrof yang memanfaatkan serpihan organik padat (detritus) sebagai sumber makanan, contoh cacing, tanah, luing.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

itu yang venus flytrap lucu lo, dimana daerah penyebarannya??? di indonesia khususnya jawa ada ngak?

Posting Komentar