Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi makhluk hidup yang umum digunakan sekarang adalah klasifikasi enam kingdom. Klasifikasi ini pertama kali dipublikasikan oleh Carl Woese pada tahun 1977. Kingdom-kingdom yang tercakup didalamnya adalah kingdom Archaebacteria, Eubacteria(bakteri), Protista, Fungi(jamur), Plantae(tumbuhan), dan Animalia(hewan). Ciri-ciri yang memisahkan setiap kindom tersebut adalah sebagai berikut.

1.Kingdom Archaebacteria (Archaea)
 Cirinya bersifat prokariotik (tidak memiliki membran inti sel), memiliki metabolisme yang mirip   dengan makhluk eukariotik, banyak hidup di daerah ekstrem. 

2. Kingdom Eubacteria (Bakteri)
Cirinya bersifat prokariotik, berbeda dengan Archaebacteria jika dilihat dari dinding selnya.

3. Kingdom Protista
Cirinya bersifat eukariotik, anggota kingdom ini diantaranya protozoa, alga, jamur lendir, dan jamur air.

4. Kingdom Fungi
Cirinya memiliki dinding sel. Kingdom ini terdiri dari jamur uniseluler (seperti ragi) dan jamur multiseluler, jamur bersifat saprofit.

5. Kingdom Plantae
Cirinya bersifat eukariotik, bersifat autotrof(dapat membuat makanan sendiri) karena memiliki klorofil. Anggota dari kingdom ini yaitu lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan biji.

6. Kingdom Animalia
Cirinya bersifat eukariotik yang memiliki sistem saraf dan otot, tidak memiliki dinding sel dan bersifat heterotrof (Raven et al.2005; Solomon et al. 2005).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar