Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Jamur



A. ciri-ciri jamur

Jamur merupakan organisme bersel banyak (multiseluler), tetapi ada juga yang bersel  tunggal (uniseluler). Tubuh jamur bersel banyak terdiri atas benang-benang halus yang disebut hifa. Kumpulan hifa jamur membentuk anyaman yang disebut miselium. Pada jamur multiseluler  yang hifanya tidak bersekat, inti selnya tersebar disitoplasma dan berinti banyak. Jamur jenis ini disebut jamur senositik. Sedang yang bersekat umumnya berinti satu dan disebut sebagai jamur mono sitik.
Bentuk jamur mirip dengan tumbuhan, tetapi jamur tidak memiliki daun dan akar sejati. Jamur tidak memiliki klorofil sehingga tidak mampu berfotosintesis. Dengan demikian jamur merupakan organisme heterotrop yaitu organisme yang cara memperoleh makanannya dengan mengabsorbsi nutrisi dari lingkungannya atau substratnya.
Jamur ada yang hidup sebagai parasit, ada pula yang bersifat saprofit. Selain itu ada pula yang bersimbiosos dengan organisme lain secara muutualisme. Sebagai parasit, jamur mengambil makanan langsung dari inangnya. Sebagai saprofit jamur mengambil makanan dari sisa-sisa  organisme yang telah mati. Jamur dapat berkembang biak secara seksual dan aseksual.

B. Klasifikasi Jamaur
Secara filogenetikjamur digolongkan kedalam 4 divisio yaitu Chytridiomycota, zygomycota, Ascomycota dan Basidiomycota.
1. Chytridiomycota

Divisi Chytridiomycota sering dianggap sebagai bentuk peralihan antara divisio Protista dengan divisio Jamur. Ciri utama divisio ini adalah nutrisi yang absorbtif dan dinding selnya tersusun atas senyawa chitin, memiliki hifa sensitik dan bereproduksi dengan membentuk zoozpora berflagel, contohnya Chytridium.

2. Zygomycota

Tubuh  Zygomycota tersusun atas hifa senositik, contoh Rhizopus stoloniferus.

3. Ascomycota

Ciri khas Ascomycota adalah cara perkembagbiakan seksualnya dengan membentuk askospora. Reproduksi aseksual terjadi dengan membentuk konidium. Konidium dapat berupa kumpulan spora tunggal atau berantai. Diantara Ascomycota ada yang bersel tunggal, bersel banyak membentuk misellium dan ada pula yang membentuk tubuh buah. Contohnya :

a. bersel satu

Saccharomyces cerevisiae, dikenal sebagai ragi.

b. bersel banyak membentuk misellium

1. aspergillus oryzae, untuk melunakkan adonan roti.

2. A. Wentii, bermanfaat dalam pembuatan kecap.

c. membentuk tubuh buah

Xylaria tubuh buah besar, hidup saprofit pada kayu yang membusuk.

4. Basidiomycota

Ciri hifa bersepta, faseseksualnya dengan pembentukan basidiospora yang terbentuk pada basidium yang berbentuk gada, membentuk tubuh buah seperti payungyang terdiri atas batang dan tudung. Dibagian bawah tudung terdapat lembaran-lembaran , tempat terbentuknya basidium.
Contoh Basidiomycota yangmenguntungkan :

1. Volvariella volvacea dan Agaricus bisporus, jamur yang ibudidayakan untu dimasak.

Contoh basidiomycota yyang merugikan :

1. Puccinia graminis, jamur in hidup parasit pad rumput.

2. Ustilago maydis, hidup parasit pada tanaman jagung.






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Citra mengatakan...

apa karekteristik Ustilago maydis ini? apakah berbahaya buat tanaman jagung itu sendiri?? tlong d jawab ya kak :D

Unknown mengatakan...

sangat membantu. Terimakasih ;)

Unknown mengatakan...

wah ternyata jamur banyak macamnya ya

Posting Komentar