Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Kambing memliki mata segi empat

Kita semua membayangkan bahwa pupil mata tentu memiliki bentuk bulat, karena bentuk itulah yang paling sering kita lihat ( pada manusia ). Akan tetapi kambing ( dan hampir semua hewan berkuku tunggal ) memiliki celah horizontal yang terlihat seperti segi empat.


Hal ini menyebabkan kambing memiliki pandangan seluas 320 – 340 derajat; ini artinya mereka bisa melihat semua yang ada di sekelilingnya tanpa harus menengok ( manusia memiliki pandangan seluas 160 – 210 derajat saja ). Oleh karenanya pula, binatang dengan pupil segi empat bisa melihat lebih baik pada malam hari karena mereka memiliki pupil yang lebih lebar – yang bisa menutup dengan baik pada siang hari untuk membatasi cahaya yang masuk. Menariknya lagi, cumi - cumi juga memiliki mata segi empat.

Selain mempunyai kelebihan dimatanya yaitu memliki mata segitiga yang bisa melihat jarak jauh kambing juga mempunyai kelebihan yaitu pada dagingnya dan susunya.

Daging kambing merupakan salah satu sumber zat besi vitamin B, kolin, dan selenium terbaik. Vitamin B akan membantu tubuh membakar lemak, sedangkan kolin dan selenium mampu menangkal kanker. Setiap 100 gram daging kambing memiliki kandungan 154 kalori, 9,2 mg lemak, 3,6 mg lemak jenuh.

Daging kambing juga dipercaya bisa meningkatkan potensi seksualitas kaum pria. Untuk yang ini, yang paling banyak diburu oleh kaum pria adalah bagian torpedo kambing. Selain bagian torpedo, empedu kambing juga dipercaya berkhasiat untuk meningkatkan kemampuan seksualitas. Hanya saja jika torpedo kambing dikonsumsi dengan dimasak/disate, maka untuk empedu kambing harus ditelan mentah-mentah.

Manfaat lain dari mengonsumsi empedu kambing adalah bisa menyembuhkan penyakit malaria. Dalam beberapa buku pengobatan Cina, memang terdapat empedu untuk mengobati malaria, misalnya saja empedu ular. Akan tetapi ternyata empedu kambing juga memiliki khasiat yang sama dengan empedu ular.

Susu kambing, terutama untuk kambing jenis etawa, mempunyai banyak kelebihan jika dibanding dengan susu hewan pemamah biak yang lain. Kandungan Flourin yang ada pada susu kambing kadarnya 10-100 kali lebih besar daripada susu sapi dan bersifat anti bakteri, memiliki protein, lemak yang mudah dicerna, sodium (Na), fosfor (P), dan juga kandungan kalsium (Ca) yang tinggi.
Untuk yang punya penyakit kulit, susu kambing sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi penyakit kulit, seperti eksim serta gatal-gatal.
Susu kambing juga bisa membantu mengembalikan kesehatan seorang ibu yang baru melahirkan, menyembuhkan pendarahan sesudah melahirkan, memulihkan zat besi setelah haid, menyembuhkan penyakit kurang darah, menghambat kerapuhan tulang (osteoporosis), mengatasi penyakit TBC dan asma, bahkan susu kambing juga bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah, menyembuhkan asam urat tinggi serta kelainan ginjal yang disebut Nepbratic Syndrom.

Namun dibalik kelebihan pasti ada kekurangan ,Efek samping daging kambing yaitu jika mengkonsumsi terlalu banyak akan memicu datang penyakit ganggguan pada saluran cerna, seperti penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease). Menurut Ari Fahrial Syam bahwa penyakit ini merupakan penyakit akibat gaya hidup sehingga kasusnya akan meningkat di masa depan. Penyakit ini terjadi pada saat aliran balik isi lambung termasuk asam lambung ke kerongkongan karena adanya kelemahan klep antara lambung dan kerongkongan. dan juga terjadinya pengosongan lambung akan menimbulkan GERD. Jika Anda mengkonsumsi daging kambing secara berlebihan ini akan memicu pengosongan lambung, karena lemak yang berlebihan didalam lambung. Seorang penderita GERD akan merasakan panas pada dada dan regurgitasi pada lambung.
Selain memicu penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease), daging kambing dapat memicu penyakit berikut:
  • Kanker
  • Penyakit Jantung
  • Darah Tinggi
  • Obesitas
  • Batu Empedu
  • Penyakit Ginjal
  • Asam Urat

Perbandingan Susu Kambing dan Susu Sapi
Susu Kambing lebih nyaman di pencernaan dibandingkan dengan susu sapi
Susu kambing memiliki kandungan protein yang tidak teralu kompleks dibandingkan dengan susu sapi. Hal ini menyebabkan sistem pencernaan lebih mudah untuk memproses dan menyerap kandungan protein tersebut, sehingga seseorang bisa terbebas dari mengalami sakit perut, diare ataupun buang gas setelah minum susu kambing. Bahkan orang yang memiliki bakat alergi pun bisa terbebas dari gangguan pencernaan jika meminum susu kambing.

Sumber : http://www.belantaraindonesia.org
                http://www.mungsiji.com

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

9 komentar:

Unknown mengatakan...

bagus terimakasih ya

Unknown mengatakan...

Kl kucing ada gag ?

Rahma Fariza mengatakan...

Postingannya sangat membantu
terimakasih :)
ditunggu postingan berikutnya

Unknown mengatakan...

wahhh ini info menarik,, trimaksih :)

Unknown mengatakan...

menarik sekali trim's

Unknown mengatakan...

mbak blognya sangat menarik bagi pelajar visual, saya suka, infonya juga seru, siip, :-).

Unknown mengatakan...

keren sob :D

Unknown mengatakan...

thnks infonya

Unknown mengatakan...

keren :D

Posting Komentar